Monday, May 22, 2017

Tips Perpanjang Paspor dengan Mudah

Pernahkah anda bepergian ke luar negeri? Jika ya, maka dokumen yang harus anda miliki sekaligus sebagai syarat agar bisa melakukan perjalanan ke luar negeri tak lain dan tak bukan adalah paspor. Paspor sendiri merupakan dukument penting dan resmi dimana dokumen ini disahkan langsung oleh pejabat berwenang di negara asal. Dengan memiliki paspor, maka anda diizinkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dengan tenang.

Bagi anda yang ingin melakukaan perjalanan ke luar negeri maka diwajibkan untuk mengurus pembuatan paspor terlebih dahulu. Namun, bagi anda yang sudah memiliki pasor, jangan lupa untuk perpanjang paspor anda ketika masa berlakunya hampir habis. Ketika anda ingin memperpanjang masa paspor, maka ada beberapa prosedur yang harus anda lakukan. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini.
Tips Perpanjang Paspor dengan Mudah
Tips Perpanjang Paspor dengan Mudah
Paspor adalah dokumen yang sangat penting bagi anda yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Dengan pasor maka anda telah diizinkan untuk bepergian ke luar negeri dengan nyaman. Namun, paspor ternyata juga memiliki masa. Bagi anda yang memiliki paspor dan akan habis masanya, maka anda wajib untuk melakukan perpanjangan. Paspor sendiri jenisnya ada 2 yaitu ada yang 24 halaman dan ada paspor yang 48 halaman.

Namun di antara keduanya memiliki masa tenggang yang sama. Maka dari itu bagi anda pemilik paspor yang habis masanya, wajib melakukan perpanjangan. Tahapan yang bisa dilakukan untuk perpanjang paspor adalah sebagai sebikut ini

1. Siapkan perangkat komputer, yang pertama adalah menyiapkan perangkat komputer seperti laptop untuk melakukan registrasi melalui alamat www.imigrasi.go.id.

2. Setelah berhasil masuk, maka anda bisa mengajukan permohonan untuk perpanjangan paspor. Setelah berhasil mengajukan permohonan perpanjangan paspor, maka langkah berikutnya adalah mengisi form pembayaran dan permohonan untuk sesi wawancara. Namun sebelum itu, pastikan anda sudah memiliki email yang aktif. Karena nantinya anda akan dihubungi melalui email. Setelah semuanya selesai, anda bisa encetak formulir yang diperlukan.

3. Datang ke Kantor imigran dengan membawa dokumen yang diperlukan. Sebelum berangkat ke kantor imigran, sebaiknya periksa dulu berkas-berkas yang dibutuhkan seperti kartu keluarga, ijazah, KTP, dan lain sebagainya agar nantinya proses perpanjangan paspor bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dokumen yang kurang lengkap.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan perpanjang paspor yang sudah habis masanya. Saat ini perpanjangan paspor lewat online telah banyak membantu masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan namun belum memiliki waktu luang untuk datang ke kantor imigran.

Maka dengan perpanjangan secara online, masyarakat tetap bisa melakukan perpajangan, namun setelah mendaftar secara online, anda tetap diwajibkan untuk datang ke kantor imigran. Jika sudah melakukan perpanjangan paspor, maka sekarang anda bisa bepergian ke luar negeri dengan nyaman tanpa khawatir.


EmoticonEmoticon