Prosedur operasional Bengkel motor

Advertisement

Responsive Ads Here

Prosedur operasional Bengkel motor

Admin
Friday, March 15, 2019


Setiap orang pasti memiliki kendaraan bermotor dan setiap orang pasti menginginkan setiap barang motornya tetap terjaga kualitasnya tetap terjaga baik dan terawat. Anda harus sering datang dan melakukan pengecekan atau service pada motor anda agar tetap terjaga baik. Bengkel motor yang telah teruji standar opersionalnya adalah bengkel motor yang resmi, seperti bengkel motor Yamaha.

Apalagi banyak bengkel motor yang menyediakan keunggulan atau fasilitas yang memadai sehingga membuat orang yang datang merasa nyaman dan betah jika lama menunggu ketika masih di service motornya. Namun sebelum motor tersebut di service haru melakukan prosedur terlebih dahulu. Oleh karena itu kami akan memberikan penjelasan terkait prosedur operasional untuk service motor di bengkel motor.
Bengkel Motor Yamaha
Berikut adalah prosedur operasional saat anda datang ke bengkel motor:

1. Pra pengerjaan
Sebelum melakukan service anda harus mengatur tampat parkir untuk sepeda motor anda. Setelah itu anda harus mengambil nomor urut service untuk menjaga ketertiban administrasi sehingga semua orang yang akan melakukan service harus antri terlebih dahulu. Setelah nomor antrian anda disebutkan atau giliran antrian anda, maka akan memasang pelindung sepeda motor untuk menjaga keamanan service. Setelah itu mendaftarkan diri ke penerima dan mengutarakan keluhan motornya untuk di service. Setelah itu penerima tamu akan mempersilahkan anda menunggu di ruang tunggu sambil menikmati fasilitas yang telah disediakan. 

2. Proses pengerjaan
Setiap montir harus mengejakan sesuai dengan surat perintah yang telah disediakan atau disetorkan oleh penerima tadi kepada montir. Setelah montir mendapatkan surat perintah maka montir tersebut harus mempersiapkan peralatan yang harus digunakan untuk service yang dilakukan. Setelah dirasa cukup maka montir akan mulai melakukan pengerjaan sesuai dengan standar operasional perusahaan sehingga tidak boleh menyeleweng dan harus sesuai agar tidak terjadi kesalahan. Setelah melakukan pengerjaan service motor anda, maka montir tersebut harus melakukan pemeriksaan untuk melihat hasilnya. Jika motor tersebut tidak diperiksa dikhawatirkan ketika telah meninggalkan bengkel motor tersebut akan terjadi hal yang tidak inginkan lagi seperti kerusakan atau kehilangan benda yang ada pada motor anda. Maka pemeriksaan hasil kerja sangat penting dilakukan untuk menunjang kinerja montir. Setelah memeriksa hasil kerja maka montir harus merapikan semua peralatan kerja yang telah digunakan tadi dan membersihkan barang yang tidak digunakan. Karena kerapian dan kebersihan merupakan hal yang penting dalam bekerja. 

3. Pasca pengerjaan
Setelah semua hal yang perlu dikerjakan selesai, montir harus memeriksa seluruh hasil pekerjaannya. Final check perlu untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti mengecek tekanan ban ataupun mengecek kekencangan tekanan gas dan rem. Hal itu menambah kemaksimalan kerja karyawan. Dan yang terakhir adalah melakukan tes drive menguji dengan cara melakukan uji layak jalan. Hal tersebut penting karena untuk mengetahui hasil akhir sebelum diberikan kepada konsumen. Setelah dirasa cukup untuk melakukan service motor maka montir akan memberikannya lagi kepada pemilik motor. Dan anda harus menyelesaikan administrasi pembayaran yang telah digunakan untuk service tersebut.

Tadi adalah penjelasan singkat mengenai prosedur operasional di bengkel motor. Jadi bagi anda yang ingin melakukan service motor di bengkel motor dapat membaca artikel ini dan mengetahui bagaimana saja prosedur dalam pengerjaannya. Apalagi jika anda melakukan service motor di bengkel motor milik Yamaha. Anda akan mendapatkan fasilitas yang memadai dari pelayanan yang ramah dari pihak penerima konsumen sekaligus kualitas dari kinerja montir. Semoga penjabaran tadi dapat bermanfaat.